Wisata Curug Telu

Assalamu`alaikum... Haaai Cheeker (cheerfulbackpacker) udah punya agenda liburan untuk weekend ini ?. Bagi kalian yang belum mempunyai rencana untuk mengisi libur pendek di akhir pekan ini kami ingin merekomendasikan salah satu tempat wisata di daerah Banyumas, Jawa-Tengah.

Waterfall and Coffe | Cheerful Backpacker
Waterfall and Coffe
Untuk kalian yang sedang mampir di sekitar Banyumas atau hanya numpang lewat dan mempunyai rencana untuk sedikit mengisi waktu luang gak ada salahnya untuk singgah. Mungkin sebagian besar dari kita lebih mengenal wisata Baturaden di bandingkan wisata-wisata yang lainnya di daerah Banyumas atau bahkan di daerah Baturaden itu sendiri seperti salah satunya Curug Telu. Wisata Curug Telu, Karangsalam-Baturaden ini tak kalah menarik dari Baturaden. Jarak Curug Telu dari Alun-alun Purwokerto sekitar 15 Km, jika ditempuh dengan sepeda motor memakan waktu kurang-lebih sekitar 1.5 Jam tergantung Kita memacu kendaraan. Rute yang kami lalui untuk ke Curug Telu ini yaitu dari Pusat Kota Purwokerto mengambil arah ke Baturaden, sebelum Gerbang Mandala Baturaden (kurang-lebih sekitar 20m)  Kita berbelok ke kanan memasuki Desa Kemutug jalan terus hingga bertemu sebuah lapangan dan SD Kemutug Kidul lalu belok kanan mengikuti plang petunjuk yang mengarah ke Kotayasa/Sumbang. Terus mengikuti jalan hingga bertemu pertigaan belok kiri (terdapat plang petunjuk). Untuk detail rutenya kami tidak bisa menjelaskan lebih rinci lagi (maapkeun) silahkan Cheeker memulai perjalanan, dan jangan sungkan untuk bertanya atau melihat maps. Kontur jalan menuju Curug Telu, Karangsalam-Baturaden ber-aspal dengan suasana yang asri, hawa yang dingin, pemandangan yang indah serta medan yang berkelok dan cukup menanjak.

Parkiran Kendaraan Roda Dua | Cheerful Backpack
Biaya Parkir : Rp. 3.000/Motor
Tak lama setelah itu Kita akan sampai di parkiran, untuk roda empat tersedia juga lahan parkir tersendiri. Untuk para Cheeker yang tidak sempat atau lupa bawa bekel jangan khawatir, disini terdapat warung-warung makan dan kopi. Fasilitas seperti toilet dan mushola juga sudah tersedia.

Loket Curug Telu | Cheerful Backpack
Biaya Masuk : Rp. 7.000/Orang
Dari loket jalan terus, hingga menuruni tangga yang sudah di buat oleh pengelola setempat. Tak lama kita akan menemui persimpangan, kalau terus turun kebawah yaitu kearah Curug Telu dan berbelok kearah kiri itu menuju Sendang Bidadari. Dari persimpangan ini ke Sendang Bidadari jaraknya cukup dekat.

Sendang Bidadari
Jika ingin ke Sendang Bidadari kita harus menyeberangi aliran air terlebih dahulu serta melipir melalui pinggiran tebing dan lanjut memasuki celah tebing, setelah itu tibalah kita di Sendang Bidadari. Sendang Bidadari memiliki ketinggian kurang-lebih sekitar 5m dengan kedalaman sekitar 3m.

Dan jika terus turun kebawah mengikuti tangga yang cukup curam (tersedia pegangan) kita akan melewati jembatan beton yang di bawahnya seperti kolam dari aliran Curug Pete yang mempunyai ketinggian 10m dan kedalaman sekitar 3m. Tak jarang menjumpai anak-anak dan orang dewasa berenang disini dengan melompat dari jembatan beton atau tempat yang sudah disediakan oleh pengelola setempat. Curug Telu cukup lumayan jaraknya (paling bawah), setelah melewati jembatan beton kita akan terus turun dengan kecuraman yang beragam. Jika sudah terlihat sebuah pipa besar itu menandakan bahwa Curug Telu sudah berada tepat di bawah. Curug Telu ini paling deras debit airnya dan paling tinggi, dengan ketinggian mencapai 35m dan kedalaman 4m. Tak ayal Curug Telu ini menjadi curug yang favorit terlebih di musim liburan maka akan ramai pengunjungnya.

Klik disini untuk melihat lebih banyak gambar dari Wisata Curug Telu, Karangsalam-Baturaden.

*Peringatan*
  1. Jaga Keselamatan dan Kebersihan.
  2. Jika terjadi hujan, segera tinggalkan lokasi. Karna berpotensi banjir.
  3. Terdapat petugas untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pengunjung.

Oke Cheeker cukup sampe sini dulu yaaak, Terima Kasih sudah mampir dan membaca, Wassalamu'alaikum.